Sabtu, 04 April 2015

Tips Belanja di Bulan Puasa

Tips Belanja di Bulan Puasa


Sebelum bulan puasa ternyata Pemerintah membuat kebijakan yg kereeen, yaitu menaikan biaya BBM, alhasil harga-harga barang merangkak naik. Memasuki bulan Puasa, harga barang itu naik semakin tinggi, tinggi, serta tinggi.

Lalu Bagaimana cara bijak membelanjakan gaji bulanan terutama di saat bulan ramadan seperti ini? Bulan puasa identik dgn pengeluaran yang membengkak. Ada beberapa hal yg menyebabkan hal tersebut.

A. Naiknya harga-harga sembako
Bahkan tahun ini kenaikan biaya BBM cuma beberapa minggu sebelum bulan puasa tiba, sehingga mendorong kenaikan biaya transportasi & sembako. Ini merupakan faktor yang gak dpt dihindari.

B. Konsumtif
Esensi dari puasa adalah menahan nafsu, namun sering cuma diartikan menahan makan serta minum dari sahur sampai berbuka, bukan menahan nafsu konsumtif. Berbelanja dalam keadaan lapar pun memicu pembelian barang-barang yg harusnya gak diperlukan. http://modernlivingroom.org/furniture/modern-living-room-chairs/

C. Pergeseran jam makan
Logikanya, pergeseran jam makan dari sarapan menjadi sahur, makan siang jadi takjil berbuka, makan malam tetap, akn membuat lebih hemat karena biaya makan siang menjadi hanya biaya takjil. Tapi banyak org yg merasa pengeluaran mereka lebih banyak, karna ketika berbuka serta makan malam cenderung ingin makan apapun yang diinginkan.

D. Undangan buka puasa bersama
Banyaknya undangan buka puasa bersama di restoran atau di café bersama keluarga, kerabat serta teman pastinya juga membuat pengeluaran membengkak.

Dari Poin B, C, & D di atas sebenarnya masih dpt disiasati sehingga ngga ada minus pengeluaran di bulan puasa. Adapun Cara bijak membelanjakan gaji bulanan utk menghadapi bulan puasa seperti ini adalah:

1. Mengetahui jml pengeluaran bulanan pada bulan-bulan sebelumnya
Untuk rumah tangga dengan kebiasaan memasak, kenaikan harga-harga bahan makanan dapat dihitung sehingga diketahui seberapa besar perbedaan harganya. Jika terbiasa membeli makan atau dgn catering, tentu kenaikan harga lebih mudah diketahui. Setelah itu bisa dianggarkan utk satu bulan ke depan.

TIPS: Bagilah pengeluaran sehari-hari –yang telah dianggarkan tadi-- (terutama makan & transport) utk 7 hari & pastikan hanya ada sejumlah uang utk satu minggu di dompet Anda, termasuk budget hiburan saat akhir minggu. Minggu selanjutnya barulah ambil uang lagi di ATM sejumlah yg sama dgn minggu lalu. Dengan demikian pengeluaran akn terkontrol.

2. Alokasikan Anggaran
Untuk pengeluaran seperti belanja bulanan, belilah cuma yg benar-benar diperlukan, sesuai alokasi anggaran. Buat daftar belanja sebelum ke pasar/supermarket serta taati daftar tersebut. Bila berbelanja di supermarket usahakan utk berbelanja setelah berbuka agar nafsu belanja tidak tinggi.

3. Bedakan antara keinginan serta kebutuhan
Buka puasa bersama mungkin merupakan kebutuhan untuk bersosialisasi, tetapi perlukah di restoran/café di luar budget Anda? Lw bisa mengusulkan restoran yang lebih murah, atau bila tdk terlalu dekat dengan lingkungan pertemanan itu Kamu selalu bisa memilih utk ngga ikut.

4. Sisihkan jg di awal biaya-biaya lain yang hrs dibayarkan
Seperti ketika ini yang kebetulan bulan puasa jatuh pada masa liburan sekolah serta masuk sekolah, sehingga akan ada biaya liburan anak dan biaya masuk sekolah.

Wah! Bayi Ini Lahir dengan Memiliki Dua Gigi Depan Modern Living Room Chairs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar