Senin, 30 Maret 2015

5 Tips Menyimpan Uang Tanpa Anda Sadari

5 Tips Menyimpan Uang Tanpa Anda Sadari

Harga barang-barang kebutuhan pokok yang terus naik tanpa dibarengi kenaikan pendapatan dpt membuat anda makin kesulitan dlm menabung. Apalagi, Bank Indonesia (BI) baru saja menurunkan tingkat suku bunga acuan alias BI Rate menjadi 5,75%.


uang

Itu berarti tingkat suku bunga tabungan kami di bank pun berpotensi diturunkan. Tetapi jangan harap bunga kredit dpt turun, apalagi mencapai single digit alias di bawah 10%. Dalam situasi seperti sekarang ini, lw harus lebih pintar lagi menyimpan uang, kalau bisa tanpa sadar nte dapat menabung secara otomatis. Berikut ini adalah 5 Tips menyimpan uang tanpa engkau sadari, seperti dikutip dari Investopedia :

1. Jalankan Pilot Otomatis Anda

Salah satu trik utk membiasakan diri dlm menabung merupakan menempatkan simpanan di atas segalanya. Jadi, begitu tagihan bulanan datang, jangan langsung menyusun daftar yg mesti dibayar. Tetapi sisihkan sebagian uang utk lw simpan terlebih dahulu. Dgn begitu, setelah anda menyusun seluruh daftar tagihan dan menyiapkan uangnya, secara ngga sadar kamu telah punya uang untuk disimpan, kalau ternyata tagihannya tak terlalu banyak. Tapi, jika ternyata tagihannya cukup banyak, nte dpt mengambil sebagian uang yang telah anda simpan pertama kali.
Cara lain yang dpt dilakukan merupakan meminta kepada bank anda, jika memungkinkan, untuk memisahkan sebagian uang nte ke akun terpisah setiap bulan setelah gajian. Dengan begitu, engkau ngga akan sadar akn jml uang yg engkau simpan meski jumlahnya sudah menggunung. Jml yang hrs disisihkan tak perlu terlalu besar. Hanya dgn Rp 200 ribu per bulan, kamu akan punya Rp 2,4 juta dlm setahun, tanpa sampean sadari. http://modernlivingroom.org/design/living-room-candidate/

2. Simpan Kembalian

Masih ingat waktu anda belajar menabung dari uang receh jaman masih bocah? Gak ada salahnya untuk mengulang kembali kebiasaan ini. Mulailah dgn mengosongkan uang receh di dompet engkau setiap akhir minggu, taruhlah di tempat yg sudah disiapkan. Engkau dpt melibatkan keluarga jg dlm mengerjakan tabungan kecil ini.
Apalagi jika lw punya anak, kebiasaan menyimpan uang ini sangat bagus, karena si kecil akan menghargai uang meski tersebut nilainya kecil. Bila tabungannya mulai penuh, tukar uang receh di bank terdekat atau tempat penukaran uang lainnya. Jika anda melakukan hal ini secara rutin, bukan gak mungkin dalam satu tahun nilainya dpt menembus jutaan tanpa anda sadari. Dgn begitu, nte jg akn lebih menghargai uang recehan dibandingkan sebelumnya.
3. Jangan Di ingat-ingat Kalau Sampean Telah Naik Gaji

Gaji nte naik? Selamat! Tapi, sebelum nte gak berpikir waras dan kepingin segera belanja sesuatu, sebaiknya kamu gak perlu mengingat-ngingat kalau sampean baru saja naik gaji. Sebaiknya anda masukan selisih gaji baru ini ke dalam tabungan seperti yg disebutkan dalam poin pertama tadi. Sehingga, uang yang anda sisihkan setiap bulan jumlahnya makin bertambah tebal.
Hal ini agak sulit dilakukan jika gaji yang naik cuma rutin tahunan, tetapi jika gaji yg naik lantaran promosi sampean dpt leluasa mengatur tabungan anda. Akn lebih baik lagi bila selisih gaji baru itu bisa anda simpan untuk dana darurat atau bahkan dana pensiun.

4. Jalankan Kebiasaan

Jika akhirnya sampean sudah selesai membayar cicilan mobil yang butuh waktu bertahun-tahun, jangan mulai cari kredit lain, tetapi tetap sisihkan uang yg sama untuk masuk langsung ke tabungan anda. Kebiasaaan kredit nte dapat diubah menjadi kebiasaan menabung. Bahkan, engkau bisa memasukan kredit ini ke tabungan otomatis yang sudah diminta kepada bank, seperti sudah disinggung pada poin awal tadi. Bayangkan anda masih punya utang utk melunasi mobil, sehingga uang tersebut akn tersimpan dengan baik tanpa anda sadari.
5. Simpan ”Harta Karun”

Kita semua pasti pernah mengalami hal ini, menemukan uang di lokasi atau benda yg kadang kami lupa. Contohnya, seperti menemukan Rp 50 ribu di saku jaket lama, atau bahkan di ransel yg dulu dipakai utk liburan. Jangan langsung kamu habiskan `harta karun` seperti ini, sebaiknya engkau simpan baik-baik di tabungan anda. Anggaplah sebagai dana kejutan utk tambahan tabungan.

Tapi bila anda masih tergoda untuk membelanjakan uang tersebut, ada baiknya dibagi dua saja, setengah utk jajan, setengahnya lagi ditabung. Dengan begini, engkau masih dpt menyiapkan dana untuk masa depan dan tetap dapat bersenang-senang dgn membelanjakan `harta karun` tersebut.

Kesimpulan : Menabung atau menyimpan uang tidak perlu dibuat sulit. Dengan beberapa tips ini, nte dpt menabung tanpa harus merasa terbebani, bahkan sampean gak akan sadar jumlahnya begitu besar hanya dalam waktu singkat.

Benarkah Powerbank Memperpendek Usia Baterai Android? Living Room Candidate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar